Mahasiswa UNNES GIAT 7 melakukan pengelolaan Arsip di desa Majegan

JurnalPost.com – Unnes giat adalah suatu kegiatan mahasiswa universitas Negeri Semarang pengabdian kepada masyarakat dimana dalam suatu kelompok terbagai menjadi beberapa mahasiswa dari berbagai jurusan.

Kegiatan ini berfokus kan kepada pengaplikasian ilmu kepada masyarakat sesuai jurusan masing masing dan sebagai ajang bagi mahasiswa untuk belajar hidup bermasyarakat terutama di desa.

Sebagai salah satu unggulan dari kelompok UNNES GIAT di tempat lainnya, kelompok di Desa Majegan mendapatkan amanat dari desa untuk membantu terkait kearsipan dan sekaligus menjadi program kerja salah satu dari mahasiswa dari jurusan ilmu politik Khamil zaidan.

“Pengelolaan kearsipan ini  sebagai salah satu penerapan yang saya dapat di ilmu politik khususnya di bidang politik demokrasi”

Kegiatan ini terlaksana setiap hari, mulai Senin 4 Desember sampai Jum’at 23 Desember 2023 di kantor desa Majegan Kecamatan Tulung.

Pengelolaan Arsip ini dimulai dari penataan di tiap box per tahun dan digitalisasi arsip dimana arsip yang telah di tata per box sebelumnya diinput dalam file Microsoft Excel sehingga memudahkan dalam pencarian data arsip.

Hal tersebut sangat didukung oleh pak Widada selalu kepala desa.

” Arsip di desa Majegan ini masih belum tertata dengan rapi salah satunya karena ruangan yang di gunakan untuk kearsipan juga baru saja pindah sehingga masih banyak berkas berkas yang belum tertata dengan rapi sehingga saya meminta kepada mahasiswa KKN dari UNNES ini untuk membantu salah satu tugas pak carik atau sekdes ” tuturnya.  

Melalui bimbingan dari dosen pembimbing lapangan (DPL) Nurdian Susilowati, S. Pd., M. Pd. Program kerja ini menjadi prioritas karena diminta langsung oleh pak Widada.

“Program kerja ini sangat bagus, dan menjadi unggulan bagi kelompok kalian di GIAT kali ini.  Jarang mahasiswa KKN yang diminta untuk membantu dibidang kearsipan. ” tutup Nurdian.
 

Baca Juga  Indonesia Meneguhkan Komitmen Global terhadap Hak Asasi Manusia di Forum PBB

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *