Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Sejak Usia Dini

sumber: Pinterest

JurnalPost.com – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sangat mendominasi masyarakat era digital seperti sekarang ini. Penggunaan bahasa Inggris tentunya dapat mempermudah seseorang dalam mendapatkan informasi dari berbagai negara, serta dapat menciptakan komunikasi yang mudah dipahami oleh orang asing.

Maka dari itu bahasa Inggris di sebut sebagai bahasa internasional, atau bahasa yang banyak digunakan penduduk dunia untuk berkomunikasi dan bertukar informasi. Selain itu, bahasa Inggris juga memiliki peran penting dalam proses pendidikan dan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah.

Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris ada beberapa metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan cara yang lebih efektif dan menyenangkan.

Menurut beberapa ahli, bahasa merupakan salah satu cara anak untuk memahami konsep-konsep tentang bagaimana memerhatikan dan mempelajari sesuatu, memberikan kategorisasi, menghafalkan kembali apa yang didapat, merencanakan, memecahkan masalah, dan memikirkan dunia anak itu sendiri. (Vygotsky)

Pembelajaran bahasa Inggris pada anak dilakukan secara bertahap. Perlu diketahui bahwa pada usia ini seorang anak sedang mengalami golden age atau yang biasa disebut dengan usia keemasan. Usia ini merupakan usia dimana seorang anak sedang dalam masa yang sangat mudah dalam menerima dan memahami pelajaran, baik melalui penglihatan maupun melalui pendengaran. Anak akan mengikuti segala sesuatu yang dia lihat dan dia dengar.

Maka dari itu pada masa anak-anak merupakan masa yang sangat tepat bagi kita untuk mngenalkan bahasa Inggris supaya anak mudah menangkap dan memahami pembelajaran tersebut. Pembelajaran bahasa Inggris pada anak pada umumnya di ajarkan hanya sebatas dasar-dasar kebahasaannya saja, seperti kata umum, kata kerja, kalimat dasar, yang umumnya di gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga  Prima Trisna Aji Diterima Menjadi Doctoral Of Philosophy S3 PhD di Lincoln College University Malaysia

Mengapa bahasa Inggris tidak langsung di ajarkan secara mendalam pada anak-anak? Alasannya yaitu karena seorang anak dapat menerima pelajaran secara bertahap. Maka pelajaran yang diberikan kepada anak dimulai dari pembelajaran dasar, yang tujuannya adalah untuk menarik minat anak untuk mempelajari lebih jauh tentang hal yang di ajarkan tersebut.

Dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, kita perlu menggunakan
beberapa metode yang dapat menarik perhatian dan minat anak supaya anak tertarik untuk belajar. Kita dapat menggunakan beberapa metode seperti, metode belajar melalui lagu dengan bernyanyi bersama menggunakan lagu anak-anak dalam bahasa Inggris, melalui gerak dan teka-teki, menggunakan flashcard atau gambar yang disertai teks untuk mendeskripsikan gambar tersebut, melalui video atau film, dan masih banyak metode belajar menarik lainnya.

Dengan metode-metode tersebut anak akan semakin tertarik untuk belajar dan ikut serta dalam pembelajaran bahasa Inggris tersebut. Pembelajaran bahasa Inggris tentunya tidak hanya di ajarkan di sekolah saja, namun pembelajaran ini juga dapat di terapkan dirumah.

Salah satu pembelajaran bahasa Inggris dirumah adalah dengan cara berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sederhana kepada anak, mengajak anak melakukan kegiatan dirumah dan mengenalkan benda-benda dirumah menggunakan bahasa Inggris, dan masih banyak cara efektif lainnya yang dapat di terapkan dirumah.

Prioritas utama pengajaran bahasa Inggris pada anak adalah supaya anak
dapat mengetahui dasar kebahasaan dengan baik, dapat melafalkan pengucapan dengan benar, memiliki kesadaran akan hubungan antara bunyi dan pengejaan, dan dapat memahami makna dari pelajaran yang di terima pada saat pembelajaran.

Prioritas tersebut dapat dicapai apabila bahasa Inggris di ajarkan kepada anak melalui metode yang baik dan benar. Tujuan dari penggunaan metode belajar yang benar selain untuk mencapai prioritas belajar adalah supaya anak tidak mengalami trauma dalam belajar bahasa Inggris. Karena sering kita jumpai beberapa kasus mengeni anak-anak yang mengalami trauma belajar karena adanya penerapan metode yang salah, dan justru membuat anak merasa trauma dan takut untuk mempelajari bahasa Inggris.

Baca Juga  Pentingkah Musik dalam Sebuah Pembelajaran?

Pembelajaran bahasa inggris melalui metode yang asik dan menyenangkan, akan menjauhkan anak usia dini dari rasa jenuh dan rasa bosan atau bahkan trauma terhadap bahasa Inggris. Maka dari itu mari kita terapkan metode pembelajaran bahasa Inggris dengan baik dan benar kepada anak sejak usia dini.

Penulis: Safinatunnajah, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *