Petualangan Magang Mahasiswa Untag Surabaya di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik

(Foto Arenda Choirunisa Mulia bersama dengan Staff Dinas Kominfo Kab.Gresik)

JurnalPost.com – Magang menjadi cara penting bagi mahasiswa untuk masuk ke dalam dunia kerja. Dengan berpartisipasi dalam program magang, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman langsung tentang industri yang mereka minati dan juga dapat memperoleh keterampilan baru yang sebelumnya tidak di dapatkan di lingkungan akademik. Magang di bidang jurnalistik memberi mahasiswa kesempatan berharga untuk terlibat dalam berbagai aspek produksi berita, mulai dari liputan hingga penulisan dan penyuntingan konten. Kegiatan magang menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan sebagai seorang mahasiswa.

Salah satunya yaitu kegiatan magang di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik yang telah dipilih untuk menjadi tempat berlangsungnya kegiatan magang ini. Hal tersebut menjadi sebuah pengalaman yang berharga bagi saya Arenda Choirunisa Mulia mahasiswa prodi ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan akan berkontribusi dalam instansi kepemerintahan seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik.

Terhitung kurang lebih 1 bulan mulai dari 7 Februari hingga 19 Maret 2024 saya melakukan kegiatan magang wajib yang harus dilakukan sebagai seorang mahasiswa. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik dipilih sebagai tempat magang yang tentunya atas pertimbangan dan kesesuaian terhadap konsentrasi yang saya ambil di prodi ilmu komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yakni new media.

Selama kegiatan magang berlangsung tentunya tidak lepas dari koordinator magang yang membantu dalam langkah- langkah dan proses pengajuan magang yaitu Moh. Dey Prayogo, S.I.Kom.,M.I.Kom. Dan tidak lupa dosen pembimbing magang yang telah memberikan masukan dan saran yang membantu untuk kegiatan magang ini yaitu Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom sehingga kegiatan magang ini berjalan dengan lancar dan aman hingga kegiatan magang tersebut selesai.

Baca Juga  Pembuatan Bank Sampah Untuk Kegiatan Sedekah Sampah Bersama Karang Taruna Dusun Gunting
(Foto Penulis Arenda Choirunisa Mulia di Ruang Siaran Suara Gresik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik)

Selama kegiatan magang berlangsung, saya ditugaskan di bidang statistik dan informasi publik yang mana tugas-tugas saya yakni membantu staff Kominfo Kabupaten Gresik dalam meliput kegiatan bupati, wakil bupati dan kegiatan-kegiatan dari dinas terkait di kepemerintahan Kabupaten Gresik. Kemudian saya juga ditugaskan dalam membuat sebuah press release atau rilis berita yang nantinya akan dikirim ke jurnalis Kominfo Kabupaten Gresik dan kemudian akan disunting lalu di unggah di media sosial Instagram naungan Kominfo Gresik.

Tidak hanya itu saja, terkadang saya juga berlatih untuk membuat voice over konten berita hingga editing konten foto maupun video reels Instagram serta mengkoordinasi talkshow yang diselenggarakan oleh Suara Gresik sebagai media penyebar informasi melalui Radio ataupun Youtube. Selain itu, selama kegiatan magang berlangsung banyak hal ataupun kegiatan yang sangat menarik bagi saya yakni dapat berkunjung ke tempat-tempat iconic di Kabupaten Gresik seperti Bandar Grisse hingga berinteraksi secara langsung dengan bupati maupun wakil bupati serta Cak & Yuk Kabupaten Gresik ketika sedang mengikuti staff kominfo dalam meliput kegiatan.

“Selama sebulan, Renda itu disini sangat membantu kita. Dalam artian membantu kita dalam membuat rilis berita, editing video dan bagus Anaknya dalam mencairkan suasana dengan teman-teman dari Suara Gresik” ucap Deo Lebriansyah selaku koordinator magang sekaligus jurnalis di Dinas Komunikasi dan Informatika Kab.Gresik”

Saya sebagai mahasiswa magang sangat bersyukur dengan adanya kegiatan magang ini sehingga saya dapat menjalin relasi yang lebih luas dengan staff Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik yang memiliki karyawan maupun staff yang sangat ramah dan tentunya lingkungan kerja yang layaknya seperti keluarga sendiri. Tugas-tugas yang diberikan pun sesuai dengan kemampuan mahasiswa magang dan sama sekali tidak memberatkan mahasiswa magang itu sendiri.

Baca Juga  Doa Yang Terkabulkan | Jurnalpost

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *