Roby Wijaya: Lebong Siap Bertransformasi di Era Industrialisasi

JurnalPost.com – Kabupaten Lebong, sebuah wilayah yang kaya akan potensi alam dan memiliki luas wilayah 1.665 km di Provinsi Bengkulu, namun terbelenggu oleh tantangan pembangunan yang kompleks. Saat ini, pendapatan perkapita mencapai angka 472.738 rupiah per bulan, menjadikannya sebagai salah satu kabupaten dengan tingkat kesejahteraan yang masih memerluka perhatian khusus di Provinsi Bengkulu. Namun, di tengah tantangan tersebut, muncul sosok yang diyakini mampu membawa angin segar dalam arah pembangunan, yaitu Roby Wijaya.

Dikenal dengan latar belakangnya yang kuat dalam bidang kepemudaan, komunitas, dan gerakan sosial, Roby Wijaya kini mengemban tugas sebagai Corporate Secretary di Bank Bengkulu. Namun, panggilan untuk melayani masyarakat, khususnya di tanah leluhur, membawa namanya melangkah ke kancah politik sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Lebong periode 2024 – 2029. Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, ia menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi beberapa isu krusial yang cenderung menghambat daya eksplorasi Kabupaten Lebong.

Pendapatan perkapita yang masih tergolong rendah menjadi salah satu isu utama yang perlu segera ditangani. Roby Wijaya memandang bahwa potensi industrialisasi merupakan salah satu kunci dalam mengubah secara pesat paradigma ekonomi Kabupaten Lebong. Dengan membangun pabrik skala nasional atau bahkan multinasional, ia bertekad untuk meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat secara signifikan. Namun, perlu diingat bahwa industrialisasi bukan hanya sekadar meningkatkan produksi, tetapi juga mengintegrasikan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan sosial dalam setiap langkahnya.

Meskipun Kabupaten Lebong telah menunjukkan kemajuan dalam beberapa aspek pembangunan manusia, namun masih terdapat banyak ruang untuk perbaikan. Dengan berada di peringkat ke-8 dari 10 kabupaten/kota di Bengkulu, Roby Wijaya menegaskan komitmennya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Lebong, itu juga sudah terwujud secara nyata dan paripurna dalam berbagai kegiatan yang diinisiasi dan didukung oleh Roby Wijaya. Melalui optimalisasi peran pemerintah dalam sektor kesehatan dan pendidikan, ia bertekad untuk membawa Kabupaten Lebong masuk ke dalam lima besar dalam lima tahun mendatang. Hal ini bukan hanya sekadar sebuah target, tetapi juga sebuah komitmen untuk memastikan bahwa setiap warga Lebong dapat merasakan dampak positif dari pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga  Gunakan Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh via Zoom Learning, Tatakelola Consulting Gelar Seminar Daring “Corporate Mindset for School Management”

Sesuatu yang juga menjadi perhatian saat ini adalah masih terdapat sekitar 14 ribu orang yang hidup dibawah standar garis yang diterapkan untuk hidup layak di Kabupaten Lebong. Untuk itu, Roby Wijaya mengusung visi menciptakan lapangan kerja besar – besaran dan mengoptimalkan peran serta pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan demikian, ia menargetkan untuk mengurangi angka kemiskinan menjadi hanya 5 ribu dalam rentang lima tahun ke depan. Hal ini tidak hanya akan memberikan akses yang lebih baik terhadap sumber daya ekonomi, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan secara menyeluruh di Kabupaten Lebong.

Akses Sanitasi Layak: Mewujudkan Lingkungan Hidup yang Sehat dan Berkelanjutan
Sustainable Development Goals poin keenam adalah sanitasi layak, tentu sudah tidak dapat dipungkiri ini sudah menjadi tanggung jawab bersama, salah satu permasalahan yang masih memprihatinkan di Kabupaten Lebong adalah rendahnya akses sanitasi layak. Dengan keberadaan sungai dan danau Tes, masih terdapat 49% populasi yang belum memiliki akses yang memadai terhadap fasilitas sanitasi. Roby Wijaya berkomitmen untuk mengupayakan optimalisasi akses sanitasi tersebut melalui program – program unggulan yang tentunya berpihak kepada masyarakat, berkeadilan dan berkelanjutan, tidak hanya sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di Kabupaten Lebong.

Meningkatkan Partisipasi Sekolah: Investasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik
Partisipasi sekolah yang rendah menjadi indikator lain dari tantangan dalam bidang pendidikan di Kabupaten Lebong. Untuk mengatasi hal ini, Roby Wijaya menawarkan berbagai program untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah, termasuk peningkatan fasilitas dan pemberian insentif bagi siswa yang berprestasi. Investasi dalam pendidikan tidak hanya akan membuka peluang bagi generasi muda, tetapi juga akan membentuk fondasi yang kokoh untuk masa depan Kabupaten Lebong yang lebih baik.

Baca Juga  Mental Diri di Lingkungan Pendidikan

Dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat, Roby Wijaya membawa harapan baru bagi masyarakat Kabupaten Lebong. Transformasi yang diusungnya tidak hanya sekadar janji – janji politik, tetapi juga sebuah komitmen untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi semua warga Lebong. Dalam menghadapi tantangan yang kompleks, kerja keras, kolaborasi, dan keberanian untuk berubah menjadi kunci utama dalam meraih cita-cita bersama untuk Kabupaten Lebong yang lebih maju dan sejahtera.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *