Shin Tae-Yong Mesti Tangani Timnas U-17 karena Bima Sakti Gagal Dalam Laga Kontra Barca Junior?

Tak Berkategori

Coach Shin Tae-Yong dikabarkan akan menangani Timnas U-17 karena Coach Bima Sakti tidak berhasil seperti klaim video ini.

Kelanjutan dari kekalahan Timnas Indonesia atau Garuda United U-17 lawan FC Barcelona Juvenil A dengan skor 0-3 pada Rabu (2/8/2023) membuat Coach Shin Tae-Yong yang mengurusi Timnas U-20 dan Timnas Senior mesti menggantikan Coach Bima Sakti.

Kabar ini dibagikan di kanal YouTube oleh akun bernama MV Sport News lewat video berjudul “BIMA SAKTI TAK BECUS..?? Inilah 7 Penyebab Timnas Indonesia U17 Kalah Memalukan Dari Barcelona U17” yang diunggah Kamis (3/8/2023).

Foto thumbnail adalah wajah Coach Bima Sakti dalam warna hitam putih, Coach Shin Tae-Yong berwarna, serta suasana lapangan sepak bola. Tulisan penyertanya “STY WAJIB TURUN TANGAN SELAMATKAN U17 Miskin Taktik Tak Layak Tampil Di PD U17”.

Benarkah informasi yang dibagikan video ini?

CEK FAKTA

Klaim atau informasi ini tidak benar atau salah. Dalam pertandingan Barca Junior atau FC Barcelona Juvenil A melawan  Garuda United U-17 sebagai laga uji coba, Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti mencoba semua format pemainnya untuk menyusun kekuatan tim dan mendistribusikan skill.

Bima Sakti ditunjuk jadi pelatih Timnas U-17 di Piala Dunia yang digelar di Indonesia pada November – Desember tahun ini. (sumber: (pssi.org))

PENJELASAN

Metro Suara.com mengadakan penelusuran judul dan foto, hasilnya adalah:

* Foto dibuat dramatis, akan tetapi tidak memperjelas judul.
Fakta: foto kedua coach atau pelatih diambil di saat berbeda, bukan dalam frame sama.

Baca Juga:Bima Sakti Mundur dari Posisi Pelatih Timnas U-17 Setelah Para Pemainnya Ditelan Barca Junior Tanpa Balas?

* Kalimat-kalimat tendensius di judul dan thumbnail yaitu “BIMA SAKTI TAK BECUS..?? Inilah 7 Penyebab Timnas Indonesia U17 Kalah Memalukan Dari Barcelona U17” dan “STY WAJIB TURUN TANGAN SELAMATKAN U17 Miskin Taktik Tak Layak Tampil Di PD U17”.
Fakta: kata “tidak becus”, “kalah memalukan”, “miskin taktik” “tak layak tampil” bukan diperoleh dari pernyataan seorang atau lenbih pakar sepak bola, akan tetapi milik pengunggah sendiri.
Logika: apakah perkataan ini mewakili pendapat pengamata sepak bola ataukah imajinasi pembuat video saja dengan tujuan tertentu?

* Tentang peran para pelatih PSSI sendiri: Coach Bima Sakti menangani Timnas U-17, Coach Indra Sjafri untuk Timnas U-23, dan Coach Shin Tae-Yong untuk Timnas U-20 dan Timnas Indonesia atau Timnas Senior.

KESIMPULAN

Video berjudul “BIMA SAKTI TAK BECUS..?? Inilah 7 Penyebab Timnas Indonesia U17 Kalah Memalukan Dari Barcelona U17” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Baca Juga:Berjarak 6 Kilometer dari Titik Nol KM, Rendy Kjaernett dan Lady Nayoan Kecelakaan: Simak Adegan Penyelamatan Seperti di Film

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi).

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *